18/04/12

air force one

Meminjam status dalam salah satu jejaring sosial seseorang,
It's easy if Mr. President doesn't take his family
Karena menonton film dengan judul "Air Force One" yang mengisahkan pembajakan yang dilakukan kelompok radikal Rusia pada pesawat kepresidenan Amerika. Salah satu film keren, dengan action yang ok juga, jadi kepingin tau sebenernya apa aja yang ada di pesawat nomer satu Amerika ini.

Sebelumnya, kita review filmnya dulu deh--sebenernya bukan review sih, hanya mengingatkan adegan yang paling saya suka...hahaha. Menurut saya, keseluruhan filmnya ga ada adegan yang bikin adrenalin bener-bener terpacu. Hanya ada satu adegan yang paling keren menurut saya, yaitu saat penyelamatan udara. wah, itu keren banget. Waktu pintu pesawat gede itu dibuka, dan langsung terbang entah kemana karena tekanan udara. Kemudian datang seorang regu penyelamat yang mengaitkan tali penghubung dengan pesawat penyelamat. Bener-bener keren, pesawat gede Air Force One yang hampir jatuh krena kehabisan bahan bakar, ditahan oleh sebuah pesawat tempur. (Y)

Nah, googling sana sini deh.
Ternyata Air Force One itu bukan nama jenis pesawat, melainkan sebutan untuk pesawat yang ditumpangi oleh presiden Amerika. ya apapun yang dinaiki presiden disebut ONE, Army One, Marine One, yang maksudnya adalah untuk membedakan tumpangan presiden dengan yang lainnya--halah, gayanyo. Terus jenis pesawat apa dong yang disebut dengan kode Air Force One? Ternyata pesawat itu adalah jenis boing 747-200B.

liat nih ukurannya
Pesawat ini memiliki empat mesin jet elektrik CF6-80C2B1, dengan kecepatan antara 630 - 700 mil per jam. Ketinggian maksimal yang dapat dicapai adalah 45.100 kaki, dengan membawa bahan bakar sebanyak 53.611 galon pesawat ini dapat terbang mengelilingi separuh bumi tanpa pengisian bahan bakar ulang--wedeh,,,mantep.
Luas pesawat ini katanya 4.000 kaki persegi--berapa meter persegi tuh?!--yang dibagi menjadi tiga lantai--buset. Didalamnya ada ruang kerja presiden, ruang rapat, bak mandi, sampai ruang medis yang disana dapat dilakukan operasi,,,ckckckck.

Nyambung lagi ke film Air Force One, tuh pesawat dibajakkan ya. Nah, sebenernya prosedur seperti apa sih yang bakal diambil kalau kejadian itu benar-benar terjadi?
Ternyata, jika kondisi terburuk terjadi presiden dan istrinya akan langsung dievakuasi oleh helikopter ke pangkalan udara bergerak terdekat milik AS. Mungkin itu kalau serangannya dari luar ya--my opinion--kalau yang nyerang banyak banget kaya di film gimana?

Tapi pada kenyataanya, banyak banget prosedur yang dilakukan sebelum tuh pesawat terbang. Sampai katanya, kru pesawat akan diinapkan selama berhari-hari sebelum berangkat. Dan juga, Air Force One tidak akan berangkat sendirian. Selain beberapa pesawat pendamping, ada satu pesawat yang sama persis juga terbang. Sebagai pengecoh jika ada serangan dari luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar