09/02/12

Khusnudzon

Jadi terinspirasi untuk nulisin hal ini…

Sebelumnya saya menganggap hal ini bukanlah hal besar dan tidak perlu dibesar-besarkan. Tapi ternyata anggapan itu salah, tidak semua orang berpikiran seperti itu—telat nyadar.

Beberapa orang beranggapan sangat positif terhadap hidupnya dan yang lainnya beranggapan sebaliknya. Ada orang yang terlalu positif dan ada juga yang terlalu negative. Ya saya salah satu golongan yang pertama, selalu menganggap positif akan segala hal. Saya pikir itu baik—biasa pengaruh bacaan, doktrinasi tanpa sadar—berpikir positif akan lebih membuat kita sehat. Tidak perlu repot-repot memikirkan pandangan buruk orang terhadap diri kita. Tidak perlu berpura-pura berlaku baik untuk mendapatkan simpati orang lain. Cukuplah dengan kesederhanaan dan ketulusan dalam setiap apa yang dilakukan.

Saya selalu berpikiran setiap orang itu baik, dan tidak ada salahnya untuk berlaku baik terhadap mereka. Jadi inget obrolan dengan seseorang, “fitrah manusia itu adalah mengakui kebaikan” –yang lainnya ga perlu dibahas disini karna akan sangat panjang…hehehe. Jadi bener dong kalau kita berlaku baik pada semua orang, bahkan orang yang baru kita temui untuk pertama kalinya. Karena fitrahnya itu, saya tidak peduli orang tersebut berlaku buruk pada orang lain selama dia tidak mengganggu dan merugikan saya, saya tetap akan berlaku baik pada nya. Perlakuan baik itu tidak perlu dijadikan patokan bahwa orang lain harus berlaku baik pula terhadap kita. Banyak factor yang menyebabkan mereka tidak mengapresiasi dengan semestinya terhadap apa yang telah kita lakukan. Tapi ya sudahlah setiap orang memiliki latar belakang yang berbeda untuk apa yang mereka lakukan. Bagi saya, bila ada orang yang tidak mengapresiasi apa yang saya lakukan, maka cukuplah khusnudzon saya teradap mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar