17/03/12

ePUB?


Siang ini, lagi belajar bareng iseng liat status YM sebelah saya—pengen tau…hehehe—tulisannya ePUB. Langsung kepikiran sampe nih malem. Sebenernya makhluk kaya apa sih tuh ePUB???
Tanya mbah google, trus muncul deh tuh semua situs berbahasa inggris yang rada lumayan—istilahnya banyak. Buka ini, buka itu, tapi teuteup akhirnya balik lagi ke wiki…hehehe
Jadi ePUB itu adalah kepanjangan dari electronic publication, maksudnya adalah publikasi secara elektronik—melalui media elaktronik. ePUB adalah format standar e-book dari International Digital Publishing Forum (IDPF), jadi file nya punya ekstensi .epub—ekstensi itu atribut file, kalau dokumen itu .docx. kalau menggunakan MS Word. ePUBdirancang agar tampilan ebook dapat menyesuaikan dengan layar dari perangkat tertentu yang digunakan untuk membacanya—misalnya IPad dsb.

ePUB pertama kali menjadi standar e-book dari IDPF adalah pada bulan September 2007—udah lama, dan saya baru tau sekarang. Itupun karena iseng…hehehe. Sekarang sudah banyak perubahan, terakhir adalah ePUB versi 3.

Basic dari ePUB ini sendiri adalah XHTML dan XML dengan CSS sebagai optional style. ePUB terdiri dari tiga komponen standar, yaitu Open Publication Structure (OPS), Open Packaging Format (OPF), dan Open Container Format (OCF). Sebenarnya ePUB adalah sebuah pengompres file—emang filenya panas pake dikompres segala…hahaha—yang lebih dikenal dengan .zip namun yang ini bernama .epub. Nah, yang di-compress itu adalah file-file sumber yang nantinya akan di baca oleh user. Kenapa perlu di-compress? Ya karena format sumber berbeda dengan format yang ditampilkan pada user.

Untuk dapat membaca ebook dengan format epub, diperlukan sebuah aplikasi yang dapat membacanya yang dikenal degan epub viewer. Nah, epub viewer ini, harus dapat membaca format ter-compress tadi.—sama saja dengan format PDF, kan harus dibuka di PDF reader.

cukuplah untuk membungkam rasa penasaran saya tadi siang, terimakasih kaka...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar