10/03/12

Wayang Golek

Hampir dipastikan semua orang tau dengan yang namanya Kermit si Katak. Yupz, katak hijau yang jadi primadoni--ya karna katanya dia cowo,,,hehehe-- karena tayangan Sesame Street. Boneka yang dapat berbicara seperti ini disebut dengan puppet. Sebenarnya ada orang yang menjadikannya bisa berbicara--ya iyalah, mana ada boneka bisa ngomong,,,wkwkwk.

Ternyata, urusan per-pupetan bukan hanya dominasi luar negeri saja. Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah banyak sejak dulu pertunjukan puppet dikenal. Tau wayang? ya itu adalah pertunjukn puppet juga.
Dan bagi saya yang notabene orang sunda asli, dari kecil sudah disuguhi dengan yang namanya wayang. Bukan wayang dengan cerita Ramayana atau Mahabarata sih, tapi lebih kepada hiburannya. yes, cepot dia yang jadi primadoni di dunia wayang golek--versi saya.
Dari dulu suka banget dengan karakternya, yang bisa membuat orang tertawa. Dengan wajah merahnya dan suara tawa yang khas. Beberapa tahun kebelakang memang dunia perwayangan sepertinya "pingsan"--meminjam istilah mati suri nya dunia perfilman Indonesia--, tapi belakangan banyak acara yang menampilkan wayang sebagai salah satu daya tariknya.
Ada salah satu station tipi yang memang secara khusus menampilkan pertunjukan wayang golek. Isinya hanyalah cepot dan kawan-kawan, banyak sekali hal yang disoroti dari pertunjukan ini. Mulai dari masalah demam boyband, urusan rumah tangga (RT), sampai dengan masalah naiknya harga BBM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar